Pimpinan Definitif DPRD Tak Harus Dilantik Bersamaan

Dibaca: 2986 kali  Selasa,10 September 2019
Pimpinan Definitif DPRD Tak Harus Dilantik Bersamaan
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM.Kepala Bagian Persidangan dan Produk Hukum DPRD Provinsi Riau, Muflihun mengatakan bahwa usulan nama calon pimpinan DPRD dari 4 partai politik pemenang Pemilu 2019 belum masuk ke Sekretariat Dewan.

Sebagaimana diketahui, empat partai politik pemenang Pemilu di Riau adalah Golkar, PDIP, Demokrat dan Gerindra. "Sampai saat ini usulan untuk pimpinan definitif belum ada yang masuk," kata Muflihun, Senin (9/9/2019).

Muflihun menjelaskan, bahwa nantinya pelantikan pimpinan definitif ini tidak harus sekaligus dilakukan bersamaan namun boleh dilantik menyusul.

"Berdasarkan pengalaman periode sebelumnya, pimpinan definitif ini tidak harus sekaligus berempat. Contoh sebelumnya PAN dilantik duluan, baru menyusul yang lain, jadi tidak mengganggu, dan jalannya kepemimpinan bisa tetap dijalankan," kata Muflihun, Senin (9/9/2019).

Lebih lanjut, Uun panggilan akrab Muflihun mengatakan biasanya penentuan pimpinan definitif tidak memakan begitu banyak waktu, kemungkinan paling lambat satu bulan.

"Kalau bicara pimpinan definitif ini tergantung partai masing-masing. Jadi alurnya, partai mengusulkan ke kita, nanti kita menyampaikan ke Mendagri melalui gubernur untuk dikeluarkan SK. Kalau berkaca pada periode sebelumnya itu lebih kurang sebulan, tapi nita harapkan saat ini lebih cepat," tukasnya.(ckc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »