Fit and Proper Test Capim KPK Pekan Depan, Komisi III Utamakan Uji Integritas

Dibaca: 5845 kali  Kamis,05 September 2019
Fit and Proper Test Capim KPK Pekan Depan, Komisi III Utamakan Uji Integritas
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM - DPR akan membacakan surat berisi daftar nama Capim KPK dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang paripurna hari ini. Setelah paripurna, Komisi III akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pekan depan. "Kamis surat dari Presiden terkait pengajuan 10 nama capim KPK akan dibacakan di rapat paripurna DPR. Selanjutnya proses uji kelayakan dan kepatutan akan dilaksanakan di Komisi III. (Fit and proper test) mulai minggu depan," ujar Anggota Komisi III Arsul Sani kepada wartawan, Rabu (4/9/2019).

 

Arsul mengatakan ada tiga poin yang akan menjadi fokus penilaian kepada capim KPK. Penilaian tersebut di antaranya integritas, kompetensi dan leadership capim. "(Poin penilaian) Integritas, kompetensi dan leadership," ujar Arsul. Dihubungi terpisah, Anggota Komisi III Taufiqulhadi mengatakan 10 nama yang diajukan oleh Presiden Jokowi adalah pilihan terbaik dari ratusan kandidat yang mengikuti seleksi. Taufiq menyebut DPR akan memilih 5 nama berdasarkan kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin KPK.


"Jadi segi apapun mereka semuanya memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin (KPK). Kami hanya memilih 5 orang saja," ujar Taufiq. (dtk)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »