Bawaslu Riau Buka Rekrutmen 17.636 Pengawas TPS

Dibaca: 4328 kali  Sabtu,09 Februari 2019
Bawaslu Riau Buka Rekrutmen 17.636 Pengawas TPS
Ket Foto :

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, membuka rekrutmen pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu 2019 sebanyak 17.636. Rekrutmen akan digelar serentak seluruh Indonesia 11-21 Februari 2019 di seluruh Kantor Penitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam).

"Bawaslu Riau membuka rekrutmen pengawas TPS, syaratnya yang penting pengawas TPS ini tidak aktif dalam partai apapun. Artinya adalah orang-orang yang netral dalam melaksanakan tugasnya pada hari H pemilihan," ujar Komisioner Bawaslu Riau, Neil Antariksa, Kamis, (7/2/2019).

Untuk menguatkan seleksi para calon pengawas TPS, Panwascam akan melakukan survey guna untuk memastikan para calon pengawas tersebut benar-benar tidak terlibat dalam aktifitas partai peserta pemilu.

"Nanti ada jeda waktu, dan dijeda waktu akan dilakikan kualifikasi aktifitasnya. Dan terutama memiliki alamat yang jelas dan Panwascam tingkat kelurahan dan desa akan melakukan kroscek kealamat tersebut guna untuk memastikan para calon pengawas TPS bukan orang partai politik," ucapnya lagi, seperti dikutip rri.

Neil menambahkan, jika kebelakang terdapat pengawas TPS yang aktif atau tergabung dalam partai politik. Bawaslu Riau akan langsung memecatnya dan tidak akan memberikan dispensasi sedikitpun. "Barangkali ada yang terselip atau yang terlewatkan karena keterbatasan anggota, dan kita juga butuh masukan dari masyarakat,"tutupnya.

Para peminat bisa segera mengirimkan berkas ke Panwascam mulai tanggal 11 Februari 2019. Adapun dokumen yang dikirimkan yakni: Formulir Pendaftaran, Foto copy Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Pas foto setengah badan terbaru ukuran 4 x 6 dua lembar, Foto copy ijazah pendidikan terakhir yang disahkan/dilegalisir atau menyerahkan foto copy ijazah terakhir dengan menunjukkan ijazah asli, Formulir Daftar Riwayat Hidup, Formulir Surat Pernyataan, Formulir dapat diunduh di website Bawaslu Provinsi DKI Jakarta atau bisa mengakses melalui riau.bawaslu.go.id.

Setelah melakukan penerimaan pendaftaran dan sesi wawancara, Panwascam akan meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat pada tanggal 27 Februari sampai 1 Maret. Setelah melewati dua seleksi tersebut, Panwascam akan mengumumkan nama-nama pengawas TPS yang terpilih pada tanggal 8-12 Maret 2019. (hrc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »