Bupati H.M.Harris Tanda Tangani MOU bersama Rektor ITB

Dibaca: 7532 kali  Kamis,31 Januari 2019
Bupati H.M.Harris Tanda Tangani MOU bersama Rektor ITB
Ket Foto :

RADARPEKANBARU.COM – Bupati Pelalawan H.M.Harris bersama Rektor ITB melakukan penandatanganan kesepahaman kerjasama dalam pengembangan Techno Park Pelalawan, yang disaksikan langsung oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kampus Ganesha ITB Bandung, sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama antara ITB dengan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P), Rabu (30/01/2019).

 

Turut hadir pada acara kunjungan Menko Maritim dan rombongan ke ITB dalam penandatanganan MOU antara Pemda Pelalawan, ST2P dengan ITB, antara lain asosiasi kelapa sawit Indonesia, Tim Peneliti Katalis ITB (Prof. Subagyo, Dr. Tatang Hernas, Dr. Heri), Dirjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil Kementerian Perindustrian, PT. Pertamina, PPKS Medan, PT. Pindad Persero, Dirjen Perkebunan.

 

Adapun maksud dari MOU ini ialah merupakan bagian dari kebutuhan dukungan teknologi pada Rencana Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit Koperasi Petani Swadaya dengan sistem BOT (Built Operate and Transfer) oleh PT. Pindad Persero, di Kawasan Techno Park Pelalawan. Saat ini ITB sedang mengembangkan katalis yang akan mengubah minyak sawit menjadi bahan bakar minyak (BBM). Katalis yang dikembangkan oleh Prof. Subagyo merupakan faktor penting dalam mengubah minyak sawit menjadi BBM.

 

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sengaja mengunjungi Laboratorium Katalis ITB pada hari ini dalam rangka memastikan kesiapan teknologi konversi minyak sawit menjadi gasoline, premium, pertamax dan bahkan avtur. Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi laboratorium, beliau benar-benar kagum dengan hasil temuan anak bangsa itu dan menyambut antusias yang selama ini hanya diketahui olehnya dari pemberitaan media dan laporan pejabat terkait.

 

Sebagaimana dijanjikan olehnya saat mengunjugi Kawasan Techno Park Pelalawan pada 16 Januari 2019 lalu, bahwa Menko Kemaritiman mendorong Pemda Pelalawan dan ST2P untuk mengambil bagian dalam mewujudkan kebijakan ketahanan energi nasional, dengan ikut membangun pabrik kelapa sawit yang menghasilkan Industrial Palm Oil (IPO).

 

Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan bahwa konversi minyak sawit menjadi BBM ini merupakan proyek super strategis yang wajib didukung oleh stakeholder terkait, termasuk Pemerintah Daerah. Harapannya dengan ditandatangani MOU dengan ITB tersebut, maka rencana dalam membangun Pabrik IPO akan segera terwujud.

 

IPO yang akan dihasilkan nanti akan dikirim ke kilang minyak PT. Pertamina di Dumai untuk diolah menjadi gasoline, premium, biosolar, dan lain-lain. Ia melanjutkan untuk langkah berikutnya yang diperlukan Pemda Pelalawan adalah adanya kesepakatan dengan PT. Pertamina sebagai off taker IPO yang dihasilkan di Kawasan Techno Park tersebut, Pungkasnya. (Dsc)

Akses RadarPekanbaru.Com Via Mobile m.RadarPekanbaru.rom
Berita Terkait Index »
Tulis Komentar Index »