TuahRiau.Com
Home ยป Nasional

Kursi Golkar Di Pelalawan Naik Peringkat, Wako Pekanbaru Minta Wakil Rakyat Dapil Riau di Pusat Jala

Kamis,01 Mei 2014
Kursi Golkar Di Pelalawan Naik Peringkat, Wako Pekanbaru Minta Wakil Rakyat Dapil Riau di Pusat Jala

JAKARTA, RADARPEKANBARU.COM - Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Pelalawan, HM Harris, meyakini Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari partainya yang akan lolos ke DPRD Pelalawan sebanyak 11 kursi.

Perolehan kursi legislatif kali ini, sambungnya, sangat melonjak bila dibandingkan dengan periode sebelumnya, Golkar di DPRD Pelalawan hanya  mendapat 6 kursi.

"Pada tahun 2009, pemilih di kabupaten Pelalawan berjumlah 22.000, sedangkan tahun 2014 ini sudah bertambah menjadi 49.000 pemilih," jelas HM Harris, yang juga menjabat sebagai Bupati Pelalawan, kepada wartawan, usai mengikuti pembukaan Musrenbangnas di Jakarta, Rabu (30/4).

Menurutnya, jumlah kenaikan anggota dewan dari Partai Golkar di DPRD Pelalawan juga lebih banyak jika dibandingkan dengan perolehan di Kabupaten Siak.

Terkait perolehan kursi dewan, Ketua DPD Partai Demokrat Pekanbaru, Firdaus MT, memperkirakan jumlah perolehan kursi di DPRD Riau dan DPRD Pekanbaru merupakan refleksi atau representaasi perolehan suara Partai Demokrat secara nasional.

Jika perolehan suara Partai Demokrat di tingkat nasional mengalami penurunan sebanyak 10 persen, sebutnya, maka juga terjadi penurunan kursi DPRD Provinsi Riau.

"Kursi DPRD Kota Pekanbaru tahun 2014 diperkirakan dari sembilan turun menjadi enam kursi. Jika pada tahun 2009 lalu meraih 20 persen suara, maka tahun ini Partai Demokrat hanya merebut 15 persen suara," kata Walikota Pekanbaru itu kepada wartawan.

Menyinggung perkiraan kursi DPR-RI, katanya pula, Partai Demokrat diyakini masih berhasil mempertahankan sebanyak dua kursi. Bahkan, ia berharap jumlah perolehan kursi DPR-RI itu tinggal ditetapkan saja oleh Pleno KPU Riau.

Disamping itu, Firdaus MT berharap pada wakil rakyat daerah pemilihan Riau di pusat agar semakin lebih memperhatikan dan memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan daerah pemilihannya.

"Meskipun bukan asli putra daerah, kami berharap kepada wakil rakyat Riau yang terpilih tahun ini, apapun partainya yang telah dipilih rakyat, tidak lagi memperhatikan warna. Namun, perhatikanlah masyarakat Riau yang telah memberikan amanah agar kepentingan Riau bisa diperjuangkan secara proporsional," himbau mantan Kadis PU Provinsi Riau itu. (rp/prc)
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved