TuahRiau.Com
Home ยป Opini

Predatech FST UIN Suska Riau Taja Seminar Nasional Teknologi dan MoU dalam Rangkaian PRECISION 2017

Rabu,13 Desember 2017
Predatech FST UIN Suska Riau Taja Seminar Nasional Teknologi dan MoU dalam Rangkaian PRECISION 2017
Dekan FST DR. Hartono Saat Menghadiri Seminar Nasional Teknologi dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2017 di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau.

RADARPEKANBARU.COM-PRECISION atau Predatech Creation and Innovation of Technology merupakan sebuah kegiatan tahunan yang ditaja sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan Teknologi Masa Depan.

Kegiatan ini ditaja oleh Komunitas Puzzle Research Data Technology (Predatech) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau dan sepenuhnya didukung oleh Dekan FST beserta jajarannya. 

Pelaksanakan kegiatan ini berlangsung selama 2 bulan, dimulai dari tanggal 12 Oktober hingga tanggal 12 Desember 2017, dan puncaknya adalah Seminar Nasional Teknologi yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2017 di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau.

Agenda besar PRECISION pertama menjadi sebuah motivasi bagi Mahasiswa terutama Anggota Predatech untuk menjadi lebih baik dalam membangun kerja tim pada Sebuah Organisasi yang bernuansa Akademis serta melakukan kerja sama dengan stakeholder yang bersinggungan langsung dengan bidang ilmu yang ditekuni. 

Ketua Predatech menyatakan bahwa kegiatan ini murni dilakukan atas dasar kesadaran Mahasiswa terkait perkembangan teknologi masa kini yang berkembang dengan pesat khusus dibidang digital dan data. 

“Sebagai ketua Predatech tentunya kami mempunyai tanggung jawab sebagai wadah bagi Mahasiswa terutama di FST untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dibidang teknologi data maupun teknologi digital”, ujar Mustakim ST, M.Kom, Rabu (13/12).

Menurut Mustakim, PRECISION merupakan kegiatan terbesar dalam waktu 2 tahun terakhir yang di lakukan.

"Dan insya allah akan menjadi agenda tahunan bagi kami, tentunya kami akan selalu koordinasi dengan Dekan FST yang selalu memberikan support yang luar biasa kepada Predatech” tambahnya. 

Predatech sendiri merupakan sebuah komunitas Riset dilingkungan UIN Suska Riau yang lahir pada Tanggal 27 Agustus 2015 yang diprakarsai oleh Mustakim, S.T, M.Kom dan Inggih Permana, S.T., M.Kom serta Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) khususnya Program Studi Sistem Informasi. 

Bidang Research yang kaji oleh predatech adalah terkait dengan Data Mining, Data Science and Big Data, Artificial Intelligence, Decision Support and Expert System, Business Intelligence serta Intelligence Information System. 

Predatech disahkan berdasarkan SK Dekan FST pada Tahun 2016 dengan memiliki visi Menjadi komunitas riset dibidang teknologi data yang berinovasi dalam mendukung kebijakan pembangunan nasional pada tahun 2033. 

Oleh karena itu, sesuai dengan visinya Predatech akan memberikan gebrakan-gebrakan baru bagi institusi yang menanguinya. Salah satunya kegiatan PRECISION 2017, yang akan diagendakan menjadi acara tahunan yang mengusung konsep Smart Data Technology.

Kegiatan PRECISION 2017 terdiri dari enam agenda yaitu Workshop Basic Programming tingkat Mahasiswa yang dilaksanakan tanggal 12, 19 dan 26 Oktober 2017, yang diikuti oleh 187 peserta. 

Workshop Pengembangan Aplikasi Berbasis Framework YII tingkat mahasiswa yang dilaksanakan tanggal 23 November 2017 yang diikuti oleh 39 peserta, pada kegiatan ini diisi langsung oleh Mitra Kerja Predatech yaitu Garuda Cyber Indonesia (GCI). Lomba Cerdas Cermat Teknologi Tingkat Siswa pada tanggal 30 November 2017 yang diikuti oleh 12 tim dari kota pekanbaru maupun luar kota pekanbaru. 

Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Poster Ilmiah tingkat siswa yang diikuti oleh siswa-siswi dari Kota Pekanbaru, namun pada kedua lomba tersebut hanya terdapat beberapa nominasi tim yang kita anggap memenuhi kriteria, oleh karena itu panitia memutuskan hanya terdapat 2 juara pada lomba tersebut yaitu juara 1 dan juara 2. Serta Seminar Nasional Teknologi yang dilasanakan hari ini, jumah peserta yang mendaftar memalui tiket terdapat 358 peserta serta peserta non tiket yang kemungkinan kita perkirakan berjumlah 180 peserta. 

Total Peserta yang mengikuti kegiatan PRECISION 2017 sebanyak 812 Peserta, dengan 80 Undangan dari Pihak Dosen, Komunitas dan Organisasi dilingkungan UIN Suska Riau maupun Perguruan Tinggi Lain di Pekanbaru serta Sponsor dan Media Partner kegiatan ini.

Acara puncak dari PRECISION 2017 adalah Seminar Nasional Teknologi yang mengusung Tema besar Tren Bisnis IT Masa Depan. 

Pembicara Pertama dari kegiatan ini adalah Daliyusmanto, S.Kom, M.Sc, Ph.D yang merupakan Head of Association Digital Enterpreneur Indonesia (ADEI) Riau yang juga merupakan Dosen Universitas Riau (UR). 

Tema yang diangkat oleh pembicara pertama adalah terkait Perkembangan Bisnis Berbasis Teknologi Informasi di Indonesia. Akhmad Zulkifli, S.Kom, M.Kom yang merupakan Head of Digital Innovation Lounge (DILo) Pekanbaru dan juga merupakan Dosen STIMIK Hang Tuah Pekanbaru menjadi Pembicara kedua pada Seminar Nasional ini yang mengusung tema Riau Menuju Era StarUp dan Teknologi Digital. 

Acara yang dihadiri lebih dari 500 Mahasiswa, Enterpreneur, Akademisi dan Perusahaan ini di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau ini juga dihadiri dan juga dibuka oleh Dekan FST UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd. Dekan FST memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kegiatan besar yang ditaja oleh Predatech FST tahun ini. 

Dekan berharap untuk kedepannya supaya dapat dipertahankan event besar ini dan lebih ditingkatkan lagi. Dalam sambutannya Dr. Hartono, M.Pd memberikan semangat motivasi kepada para seminar untuk menjadi seorang enterpreneur dan berjiwa bisnis yang menggunakan fasilitas teknologi informasi sebagai pendukung keberhasilan bisnisnya. Selain itu Dekan juga memaparkan bahwa 10 keberhasilan bisnis di dunia ini disebabkan oleh teknologi. 

Kegiatan seminar yang dipandu oleh Ikbal Gazalba mengundang berbagai pertanyaan dari peserta seminar, salah satu penanya dari Mahasiswa Prodi Sistem Informasi mendapat apresiasi dari panitia dan mendapatkan bingkisan berupa dorprize yang dipersembahkan oleh Telkomsel dan Paragon.

Juga 10 Dorprize berupa baju kaos turut menyemarakkan acara seminar nasional. Dahliyusmanto memaparkan dalam era saat ini manusia akan disibukkan dengan transaksi berbasikan elektronik tanpa harus datang dan memiliki pasar terbuka. 

Juga demikian dengan yang disampaikan oleh Akhmad Zulkifli, teknologi digital yang saat ini sedang ngetrend yaitu teknologi berbasiskan StarUp, namun untuk Pekanbaru dapat dikatakan masih belum merata. Acara yang disponsori oleh PT. Telkomsel, PT. Paragon, Toko Buku dan Penerbit Zanafa, CV. Gemilang Cyber Nusantara, PT. SAN, PT. Garuda Cyber Indonesia serta perusahaan IT lainnya ini sukses dengan menghadirkan lebih dari 500 peserta dalam kegiatan tersebut.

Dalam rangkaian acara Seminar Nasional Teknologi ini juga dilakukan Memorandum of Understanding antara FST UIN Suska Riau dengan ADEI Riau juga FST UIN Suska Riau dengan DILo Pekanbaru. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan FST Hartono M.Pd yang didampingi oleh Wakil Dekan I FST Dr. Teddy Purnamirza, S.T., M.Eng, Wakil Dekan III FST Dr. Okfalisa, S.T., M.Sc serta Ketua Predatec Mustakim, S.T., M.Kom. 

Sedangkan dari pihak ADEI diwakili oleh Dahliyusmanto, S.Kom, M.Sc, Ph.D sebagai Ketua serta Ahkmad Zulkifli, S.Kom, M.Kom perwakilan dari DILo Pekanbaru yang juga menjabat sebagi Ketua. 

Inti dari dari kerja sama ini adalah memupuk dan mempererat antara ADEI, DILo dan FST untuk mengembangkan dan bersama-sama membangun komunitas berbasis teknologi digital untuk kemajuan bersama. 

Disesi akhir seminar ini, ketua Predatech Mustakim, S.T., M.Kom menyampaikan kepada media bahwa beberapa waktu sebelumnya, Predatech juga telah melaksanakan kegiatan Donasi Kaum Duafa dan Panti Asuhan yang diberi nama Predatech Cares, Together for Sharing, melakukan sosialisasi teknologi kepada sekolah disekitar Pekanbaru yang diberi nama Puzzle Research Goes to School serta menjalin kerjasama dengan beberapa Perusahaan IT di Riau dan Puncak agenda Tahun 2017 adalah PRECISION yang terdiri dari Workshop, Perlombaan dan Seminnar Nasional. 

“Saya sebagai ketua mewakili teman-teman Predatech mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak terkait, tertama pihak FST UIN Suska Riau, sponsor, media partner serta seluruh komponen yang terlibat dalam menyukseskan acara ini, tim hebat Predatech Mahasiswa FST dan Dosen Pembimbing Inggih Permana, S.T., M.Kom, Rice Novita, S.Kom, M.Kom, Dian Ramadhani, S.T, M.T dan M. Afdal, S.T, M.Kom terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja samanya selama ini”, tutup Mustakim. (Rilis)

Komentar Anda
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved