TuahRiau.Com
Home ยป Opini

Sudah Tidak Masanya Lagi Ada Alumni HMI Berkeliaran di Arena Konfercab | Oleh Zulheri

Minggu,29 Oktober 2017
Sudah Tidak Masanya Lagi Ada Alumni HMI Berkeliaran di Arena Konfercab | Oleh Zulheri
Alumni HMI, Zulheri

POLA hubungan antara HMI dengan Alumni/KAHMI, hrs diatur secara formal dalam bentuk dokumen resmi/tertulis antara PB HMI dan MN KAHMI, masing-masing dengan mandat dari Kongres HMI/Munas KAHMI.

Realitas selama ini telah membuktikan bahwa kiprah dan kebesaran HMI tdk bisa dipisahkan dari  peran alumninya. Jadi kalau ada aktifis HMI yang  menghujat dan ingin mendelete peran alumni, maka bisa dipastikan yang bersangkutan kader yang gagal paham.

Sebaliknya para alumni juga mesti tahu diri dan mampu menahan diri. Jangan ikut campur melulu dalam segala hal, jangan menghilangkan kesempatan bagi adik-adiknya untuk mandiri, jangan manfaatkan adik-adik untuk kepentingan politik praktisnya. 

Alumni yg baik adalah alumni yg pandai menempatkan diri, bisa dipercaya, berfikir dan bertindak hanya utk kemajuan HMI, serta tidak mengambil keuntungan untuk pribadi/untuk kelompok/utk partainya dari HMI.

Maka peran yang bisa dimainkan oleh alumni antara lain adalah ikut dalam perumusan pola/materi pengkaderan, bersama PB HMI ikut memproses sertifikasi instruktur NDP, memberikan materi dalam latihan-latihan pengkaderan bila diminta adik-adiknya nya.

Menjadi penengah/mediator bila terjadi pertikaian (atas permintaan kedua pihak yg bertikai), memberikan bantuan fasilitas/materi/dana secara sukarela tanpa mengikat, berhak mengawal/memberikan peringatan kepada PB HMI bila mencium masuknya anasir-anasir/faham negatif yang  bertentangan dengan Islam, memberikan bantuan pemikiran bila diminta ataupun tidak diminta, serta lain-lain peran positif lainnya. 

Pantangan yang mesti dijaga adalah, alumni jangan sekali-kali ikut menyodorkan atau mendukung seorang figur dalam proses pemilihan, karena inilah yang menjadi masalah utama dan menjadi momok atau yang menjadi penyebab timbulnya resistensi adik-adik HMI terhadap alumninya. 

Sudah tidak masanya lagi ada alumni yang berkeliaran di arena konfercab/musda/kongres bergerilya mendukung seorang figur. Hal itu bukan lagi urusan alumni, dan dapat merusak kewibawaan alumni.

Makanya pola hubungan alumni/KAHMI dgn HMI tersebut perlu dirumuskan secara formal dalam naskah kesepakatan bersama dan dijadikan acuan yang jelas bagi kedua belah pihak. 

Penulis, Zulheri Adalah Alumni HMI Tinggal di Pekanbaru.

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved