TuahRiau.Com

Kebijakan Ganjil Genap Lebaran Akan Diumumkan Mei

Sabtu,15 April 2017
Kebijakan Ganjil Genap Lebaran Akan Diumumkan Mei
Pintu tol Brebes Timur. (Antara)

RADARPEKANBARU.COM- Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan mengkaji lebih lanjut rencana penerapan ganjil-genap kendaraan di jalan tol pada saat musim angkutan Lebaran 2017. Rencananya, regulator bakal mengumumkan kepastian kebijakan itu pada Mei 2017.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, wacana ganjil-genap jalan tol muncul karena adanya usulan dari masyarakat untuk mengurangi kemacetan di jalan tol selama mudik dan balik Lebaran tahun ini. Namun, Kemhub tak dapat memutuskan secara langsung untuk menerapkan kebijakan itu.

"Itu kan merupakan usulan dari masyarakat. Satu perubahan itu tidak mungkin kami lakukan dengan serta merta. Kami akan mengundang masyarakat yang lain termasuk ahli katakanlah dari MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia), KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha), akademisi, dan LSM (lembaga swadaya masyarakat," ungkap Budi di sela peninjauan kesiapan angkutan Lebaran 2017 di Stasiun Senen, Jakarta (14/4).

Menurutnya, koordinasi dengan sejumlah pihak itu bakal berjalan selama satu bulan ke depan sehingga pada Mei 2017 keputusan terkait kebijakan ganjil genap dapat diumumkan.

"Nanti Mei kami kabari akan ganjil genap atau tidak. Jadi ini ide. Idenya terima kasih. Nanti kami diskusikan apa komplikasinya dalam kehidupan masyarakat. Kalau nanti ternyata dalam diskusi pada setuju dan masyarakat setuju, kita jalani. Kalau banyak yang menolak, ya kami tidak paksakan," imbuh Budi.



Thresa Sandra Desfika/FMB

Investor Daily
 

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved