TuahRiau.Com
Home ยป Opini

Ketum IKAMIHU : Musda XIII KNPI Kab.Inhu, Kami Tawarkan Gagasan Kemajuan

Kamis,01 September 2016
Ketum IKAMIHU : Musda XIII KNPI Kab.Inhu, Kami Tawarkan Gagasan Kemajuan
Satrio Rachmazan

RADARPEKANBARU.COM-Pemuda bagi bangsa Indonesia memiliki posisi strategis dalam masyarakat. Sejarah perjalanan bangsa ini telah di warnai oleh tindak tindak dan tanduk oleh pemuda di minta ataupun secara sukarela. Bahkan lebih dari itu, sering kali berbagai momentum penting bangsa ini lahir oleh ide-ide, pemikiran dan semangat kepemimpinan dari pemuda.

Pemuda yang pada penggolongan usia nya selalu berfikir jernih, kritis, dan bebas menuangkan segala gagasan maupun ide-ide nya yang semata-mata memberikan sumbangsi kepada bangsa dan Negara. Katakanlah peristiwa penting sumpah pemuda tanggal 28 0ktober 1928 yang menjadi  penanda tersulutnya api semangat juang bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari belengguh penjajahan dan sampailah pada gerbang kemerdekaan Indonesia.

Deklarasi Pemuda Indonesia, 23 Juli 1973, merupakan landasan kelahirannya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), muncul dari sebuah kesadaran akan tanggung jawab pemuda Indonesia dalam mengerahkan segenap upaya dan kemampuan untuk menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Deklarasi Pemuda bertujuan menindaklanjuti isi pesan suci Sumpah Pemuda yang telah menggariskan kebutuhan keberhimpunan, dengan mengejawantahkan satu bangsa, satu tanah air, satu bahasa, dan ikut mengisi kemerdekaan. Krisis multi dimensi menjelang pergantian milenium, yang terjadi pada seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sangatlah memprihatinkan. Khawatir mengkristal pada arah disintegrasi bangsa KNPI sebagai pemersatu semangat pemuda hari ini harus mampu mengumpulkan kekuatan-keuatan yang masih terpecah belah menjadi suatu kekuatan yang mampu memberikan perubahan pada masyarakat.

Kita harus menyadari bahwa KNPI sebetulnya merupakan cermin relasi antara negara dan kaum muda,  yang sekaligus juga sebagai produk dari relasi tersebut. Pemuda memiliki posisi strategis didepan pemerintah. KNPI merupakan wadah berhimpunnya kaum muda yang memiliki fungsi sebagai wadah perjuangan pemuda, sebagai forum komunikasi dan penyalur aspirasi organisasi kepemudaan  serta sebagai perekat kemajemukan pemuda.

Pada prinsipnya KNPI adalah kawah candradimuka yang menjadi pusat pengkaderan pemuda untuk tetap tampil prima sebagai agent of change di tengah masyarakat berbangsa dan bernegara. Dalam menjalankan fungsi tersebut sesungguhnya KNPI dihadapkan pada problematika kepemudaan yang sedemikian komplek. Mulai dari narkoba, korupsi, pergaulan bebas, pengkaderan kelompok teror dan masalah-masalah sosial lainnya. Secara umum generasi muda dihadapkan pada besarnya hegemoni barat yang tanpa kita sadari tengah menggurita dan mempengarui jiwa dan pola pikir para kaum muda saat ini.

Enam Tantangan Pemuda hari ini

Memperhatikan masalah-masalah diatas yang begitu besar dan atas dasar begitu banyaknya peluang dan harapan, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh aktivis KNPI dalam membangun kepemimpinan dan menentukan agenda strategis kedepan.
Pertama, KNPI sebagai wadah berhimpun kaum muda harus semakin mengembangkan sikap-sikap kepemudaan yang kritis dan progresif, sekaligus menghindarkan diri dari sikap dan prilaku yang epigonistik.

Kedua, yang perlu diperhatikan juga adalah KNPI dituntut untuk tidak apriori terhadap elemen apapun baik pemerintah maupun berbagai dinamika ragam potensi kepemudaan di antaranya LSM atau OKP lainnya. KNPI harus mampu menyikapi secara tegas dan obyektif berbagai problem sosial dan menyikapinya secara kritis, korektif dan konstruktif terhadap masalah-masalah yang terjadi saat ini.

Ketiga, KNPI harus tanggap terhadap realitas dan dinamika kepemudaan yang mulai jenuh dengan berbagai aktivitas yang monoton dan konservatif.

Keempat, KNPI perlu menyeimbangkan proporsi orientasinya baik orientasi politik, ekonomi maupun kulturalnya. Jangan sampai KNPI terjebak dalam kepentingan-kepentingan pragmatis yang akan menyesatkan dalam orientasi gerakan. Pengalaman masa lalu yang menjadika KNPI sebagai alat politik kelompok tertentu tdak boleh terulang untuk saat ini dan masa yang akan datang.

Kelima, Alangkah lebih baiknya kita kembali ke khittah KNPI itu sendiri sebagai wadah pemuda harus yang senantiasa dijaga dan diejawantahkan dalam program organisasi yang terukur, terarah dan solutif terhadap masalah-masalah kebangsaan.

Keanam, secara internal banyak problem KNPI yang mendesak dan harus segera dilakukan pembenahan sebagai jawaban logis dari dinamika internal maupun eksternal. Problem-problem inilah yang menjadi sebab mengapa KNPI terasa mengalami degradasi peran, meski metabolisme organisasi masih berjalan normal.
Hal-hal diatas harus diperhatikan dengan baik, karena hal tersebut sebagai jawabah dan solusi atas permasalahan yang tengah terjadi didalam tubuh KNPI itu sendiri. Kepemimpinan yang visioner dan agenda-agenda strategis harus segera di tata dengan baik agar proses regenerasi kepemimpinan yang bersih dan bermartabat akan segera terealisasi lewat tubuh KNPI tersebut.

Pada tanggal 02 september 2016 sebuah perhelatan akbar pergantian tampuk kepemimpinan KNPI kabupaten Indragiri hulu akan di gelar. Musyawarah Daerah (MUSDA) adalah bukan hanya semata-mata menjadi ajang pergeseran/pergantian posisi pimpinan tetapi hal-hal fundamental di atas yang harus menjadi menjadi titik focus dalam MUSDA DPD II ke XIII KNPI Kabupaten Indragiri Hulu.

Kakanda Supri Handayani (bang Ando) Selaku KETUA UMUM dan kakanda Setiawan selaku SEKERTARIS UMUM periode 2014 – 2017 telah mengemban tugas nya dengan sangat baik. Walaupun dalam perjalanannya, terdapat beberapa hambatan dan kekurangan serta dihadapkan pada situasi dan kondisi yang sangat kompleks tetapi DPD II KNPI KAB.INHU dalam kepimpinan kakanda ANDO dan SETIAWAN mampu mengawal aspirasi para pemuda dalam menciptakan stabilitas pada gerakan organisasi pemuda di kabupaten Indragiri hulu.

Kedepan KNPI harus kembali hadir sebagai wadah kaderisasi tokoh-tokoh muda yang berpontensi dan memiliki isi  yang besar yang terukur dalam proses berpartisipasi aktif dalam membangun bangsa dan negara. Saya Satrio Rachmazan KETUA UMUM Ikatan Mahasiswa Indragiri Hulu (IKAMIHU) mengucapkan Selamat Sukses Musyawarah Daerah XIII KNPI kabupaten Indragiri Hulu. PEMUDA BERSATU, INDONESIA MAJU.

Opini Oleh : Satrio Rachmazan (Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Inderagiri Hulu)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved