TuahRiau.Com
Home ยป Riau

Jelang Kunjungan Jokowi , Riau Maksimalkan Pemberantasan Karhutla

Selasa,12 Juli 2016
Jelang Kunjungan Jokowi , Riau Maksimalkan Pemberantasan Karhutla
Preiden Jokowi

RADARPEKANBARU.COM - Pemangku kepentingan di Provinsi Riau yang tergabung dalam satuan tugas kebakaran hutan dan lahan serta pemerintah kabupaten/kota setempat meningkatkan patroli jelang kedatangan Presiden Joko Widodo yang direncanakan 23 Juli 2016.

"Di Siak rencana akan ada kunjungan RI 1. Kita akan optimalisasi untuk patroli," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Edwar Sanger di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, titik panas yang terdeteksi akan langsung di cek oleh satgas di lapangan. Itu dilakukan dengan dua helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang sudah "standby".

"Kemarin sudah nihil, tapi hari ini terpantau tiga di Inhil. Kita Optimalkan dua heli dari BNPB," ucapnya.

Presiden Joko Widodo direncenakan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau untuk menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Diharapkan Pemprov Riau presiden juga melakukan kegiatan lain.

Di antaranya meresmikan dua proyek perhubungan di Riau yakni Tol Pekanbaru-Dumai dan jalur kereta api Trans Sumatera yang melintasi wilayah setempat. Kemudian pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tenayan Raya Pekanbaru yang sudah dibangun sejak 2010.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, titik panas di wilayah Provinsi Riau meningkat menjadi 28 titik dari sebelumnya di pagi hari enam titik. Riau merupakan  konsentrasi sebaran di Pulau Sumatera yang berjumlah 65 titik api.

"Ini berdasarkan pantauan satelit baik Terra maupun Aqua pada pukul 16.00 WIB, dengan level confident (tingkat kepercayaan) 50 persen terkait potensi karlahut di Sumatera," terang Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin.    

Dari 28 titik panas di Riau, jelas Sugarin, terjadi di empat kabupaten/kota di pesisir provinsi tersebut dengan wilayah kosentrasi titik panas berada di Rokan Hilir 20 titik, Bengkalis empat titik dan Dumai serta Kampar sama-sama menyumbang dua titik panas. (radarpku)



Sumber : Antara

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved