TuahRiau.Com
Home ยป Nasional

Ini Tampang Effendi, Bos Penipu yang Hidup Mewah dari Mama Minta Pulsa

Sabtu,07 November 2015
Ini Tampang Effendi, Bos Penipu yang Hidup Mewah dari Mama Minta Pulsa
Effendi pakai baju orange/Foto: Mei Amelia/detikcom

RADARPEKANBARU.COM- Effendi, bos tipu-tipu via SMS bermodus 'mama minta pulsa' berhasil dibekuk tim Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Bagaimana tampang Efendi?

Saat ditemui di Polda Metro Jaya, Effendi terlihat memakai baju tahanan warna oranye. Rambutnya sedikit gondrong dengan poni yang bergaya ke samping. Tubuh Effendi juga kurus dan berkulit coklat. Tangannya terikat tali plastik polisi. Dia didampingi seorang petugas Jatanras Polda Metro Jaya.

 



Effendi merupakan sang pengendali bisnis penipuan mama pulsa. Dia juga menjadi 'investor' yang memodali operasional sejumlah anak buahnya.

"Semua perlengkapan dan fasilitas itu diatur oleh bos Effendi ini. Dia yang memodali semuanya, anak buahnya tinggal kerja," kata Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan saat dikonfirmasi,Jumat (5/11/2015).

Tidak hanya menyiapkan sejumlah laptop, Effendi juga menyiapkan ratusan buah SIM card yang digunakan sebagai modem untuk mengirimkan SMS pancingan kepada korban. Ia juga menyiapkan fasilitas rumah sewaan bagi anak buahnya untuk 'berkantor'.

 

barang bukti

"Tersangka juga menyiapkan sejumlah rekening penampungan untuk menampung uang hasil kejahatan," katanya.

Setiap harinya, anak buah Effendi bekerja dari pukul 06.00-22.00 WIB. Sekitar 62 ribu pesan singkat disebar ke nomor-nomor para calon korban.

Sebagai pemodal sekaligus pengendali, Effendi tentu mendapat keuntungan yang paling besar dibanding para anak buahnya.

"Setelah ada korban yang berhasil dipandu ke ATM, misalnya ditransfer Rp 1 juta kemudian ditarik oleh tersangka dan selanjutnya dibagi-bagi 75 persen untuk bosnya dan 25 persen untuk anak buahnya," tuturnya. (spt/mad/dtk)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved