TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

6000 Hewan Penular Rabies Sudah Divaksin

Selasa,04 Agustus 2015
6000 Hewan Penular Rabies Sudah Divaksin
Ilustrasi

RADARPEKANBARU.COm - Untuk tahun 2015 ini, hingga Juli ada sekitar 6000 an ekor Hewan Penular Rabies sudah divaksin anti rabies.

Dinas Pertanian dan Peternakan  Kota Pekanbaru, mengatakan sejak Januari hingga kini pihaknya sudah memvaksinasi 5.579 ekor Hewan Penular Rabies (HPR) kucing, anjing dan kera di wilayah itu.
    
"Vaksinasi yang kami lakukan belum tuntas masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2015," ungkap Kadistanak, Pekanbaru, El Syabrina, Selasa (4/7).
    
El menyebutkan, vaksinasi ini program tahunan Distanak terhadap HPR. Tujuannya untuk menghidari hewan peliharaan masyarakat. seperti kucing, anjing dan kera terjangkit rabies yang berujung pada penularan ke manusia saat digigit berakibat kematian.    

"Karena rabies bisa menular ke manusia lewat gigitan hewan, ini bisa menyebabkan kematian," ujar El.
 
Apalagi terang El saat ini di Pekanbaru, banyak terdapat hewan peliharaan kucing, anjing dan kera yang hidup bersamaan.
 
Karenanya agar masyarakat selamat dan HPR yang dipelihara juga tidak menggagu maka perlu divaksin sekali setahun.
 
Adapun wilayah yang saat ini menjadi lokasi penyebaran HPR terbanyak ada di kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya dan Payung Sekaki.
 
"Yang sudah kami vaksin wilayah terbanyak HPR nya dulu seperti Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya, menyusul kecamatan lainnya," tutur El.
 
Berbicara stok vaksin rabies sendiri, terang El pihaknya selain menggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru 2015, juga menerima bantuan dari Disnak Provinsi Riau.
 
"Jadi tahun ini kami memiliki stok vaksin rabies sekitar 7.500 lebih," ujar El.
 
Distanak akan memvaksin anjing, kucing serta kera ini secara gratis, berapapun jumlahnya. (radarpku).

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved