TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Wako Berang, Gudang IFK Puskesmas Sidomulyo Semrawut

Jumat,31 Juli 2015
Wako Berang, Gudang IFK Puskesmas Sidomulyo Semrawut
Wali Kota Pekanbaru Firdaus

RADARPEKANBARU.COM - Wali Kota Pekanbaru Firdaus melakukan pengecekan ketersediaan obat-obatan untuk infeksi saluran pernafasan atas serta lainnya di gudang Instalasi Farmasi Kesehatan Dinas Kesehatan setempat guna memenuhi permintaan masyarakat.

"Kita saat ini dalam kondisi bencana kabut asap, jadi saya perlu tahu bagaimana stok obat-obatan yang dimiliki," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan cukup banyak warga di semua puskesmas setempat yang saat ini mulai terjangkit berbagai jenis penyakit karena memburuknya kualitas udara, seperti ISPA, asma, iritasi, dan bahkan diare.

Oleh karena itu, kata Firdaus, hal itu menjadikan permintaan distribusi obat dari 20 puskesmas di Kota Pekanbaru meningkat.

Firdaus mengatakan hingga saat ini ketersediaan obat-obatan di Pekanbaru mencukupi, sesuai dengan jenis penyakit yang kini banyak menjangkiti masyarakat.

"Hanya saya tidak tahu persis jumlahnya, kalau bentuk penyimpanan gudangnya tidak profesional dan semrawut seperti ini," katanya.

Ia menyampaikan kritik tentang kondisi gudang penyimpanan obat di IFK Dinkes Kota Pekanbaru yang tidak tertata sesuai nama dan jenis.

Pantauan wartawan di lapangan, saat melakukan peninjauan ke gudang obat di IFK yang terletak satu kawasan dengan Puskesmas Sidomulyo itu, Wali Kota Pekanbaru Firdaus memanggil pimpinan unit pelayanan terpadu daerah (UPTD) yang berstatus sebagai pelaksana tugas kepala instansi itu, karena pejabat definitif sedang cuti melahirkan.

Firdaus mengkritik sistem pergudangan yang diterapkan bagi obat-obatan tersebut.

Ia bahkan berang dan menilai manajemen penyimpanan obat-obatan tersebut tidak profesional karena terlihat semrawut dan tidak memenuhi kaidah dalam menumpuk kardus.

Firdaus bahkan menanyakan tentang pemilahan stok tahun lalu dan stok tahun terbaru kepada pimpinan UPTD itu. Pertanyaan wali kota tersebut terlihat tidak bisa dijawab serta diketahui kepastiannya oleh yang bersangkutan.

"Kalau begini mana bisa tahu stoknya," kata Firdaus kesal dan berang.(radarpku)
 

Komentar Anda
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved