TuahRiau.Com
Home ยป Opini

Masyarakat Pekanbaru Laksanakan Salat Minta Hujan

Kamis,09 Juli 2015
Masyarakat Pekanbaru Laksanakan Salat Minta Hujan
Sekitar 600 orang masyarakat di Pekanbaru melaksanakan salat minta hujan atau Istisqa. Salat khusus ini dilakukan karena musim kemarau berkepanjangan dan menyebabkan kebakaran hutan.

RADARPEKANBARU.COM- Sekitar 600 orang masyarakat di Pekanbaru melaksanakan salat minta hujan atau Istisqa. Salat khusus ini dilakukan karena musim kemarau berkepanjangan dan menyebabkan kebakaran hutan.

Salat Istisqa ini digelar di halaman Kantor Kementerian Agama Pekanbaru, di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Rabu (8/7/2015). Salat yang didahului dengan khutbah ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga selesai 09.30 WIB.

Jamaah salat ini terdiri dari PNS serta masyarakat di sekitar perkantoran dan siswa SLTA. Selain itu juga juga diikuti puluhan ustaz dari organisasi Majelis Dakwah Islamiah.

Masyarakat sekitar ikut antusias melaksanakan salat Istisqa ini mengingat musim kemarau yang melanda Riau.

"Kita melaksanakan salat Istisqa untuk mengharapkan kepada Allah SWT kiranya segera turun hujan. Sejak Ramadan, umumnya di Pekanbaru tidak diguyur hujan," kata Panitia Pelaksana, Masril kepada wartawan.

Sebagaimanan diketahui, dalam sebulan terakhir, langit Riau dikepung asap walau tipis. Kabut asap ini imbas dari kebakaran hutan dalam pembukaan lahan.

Data dari BMKG Pekanbaru menyebutkan, sejak Juni sampai akhir tahun memasuki kemarau di wilayah Riau. Kondisi kekeringan ini selalu dimanfaatkan warga yang  tak bertanggungjawab membuka kebun dengan membakar. Sedangkan hujan buatan yang diupayakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam sebulan terakhir ini tidak banyak berhasil.
(cha/rul/dtk)
 

Komentar Anda
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved