TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Penjualan Kelapa Muda Naik 200 Persen Saat Ramadan di Pekanbaru

Senin,22 Juni 2015
Penjualan Kelapa Muda Naik 200 Persen Saat Ramadan di Pekanbaru
Kelapa Muda

RADARPEKANBARU.COM-Penjualan kelapa muda di Kota Pekabaru, Riau, melonjak hingga 200 persen karena tingginya permintaan pada bulan suci Ramadan dibandingkan hari biasa.

Menurut pantauan Antara di Pekanbaru, Senin, banyak terlihat dibeberapa tempat penjualan kelapa ramai dikunjungi oleh pembeli. Bahkan, penjual kelapa musiman juga banyak bermunculan yang memanfaatkan momen Ramadan.

"Meski banyak pedagang dadakan kelapa muda bermunculan, itu tidak mengurangi omzet penjualan yang justru naik drastis hingga 200 persen," kata Ardi (35), salah seorang pedagang kelapa muda di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru.

Ia mengatakan pada awal Ramadan permintaan kelapa muda meningkat sehingga omsetnya naik dibandingkan hari biasa.

"Kini kelapa bisa terjual sekitar 100 sampai 150 buah dengan harga Rp5000 per bungkus. Jika kelapa kupas maka harganya menjadi Rp10.000 per buah," katanya.

Ia mengatakan, penjualan sangat jauh meingkat ketimbang hari biasa atau sebelum Ramadan karena penjualan kelapa muda hanya berkisar antara 30 hingga 50 buah saja.

"Mungkin karena selama ini saya sudah memiliki langganan rutin. Apalagi, ummat muslim banyak yang mengonsumsi kelapa muda saat berbuka puasa serta kebanyakan dijadikan bahan baku untuk pembuatan kue," terangnya.

Hal senada dikatakan, Ali (28) salah seorang pedagang dadakan kelapa yang mengaku omzet penjualannya ikut meningkat. Dalam sehari, ia mengaku bisa mendapatkan keuntungan Rp500.000 hingga Rp700.000.

"Saat ini pasokan kelapa muda sulit didapatkan. Mungkin karena banyaknya permintaan masyarakat di bulan Ramadan, jadi kelapa muda yang kami jual saat ini berasal dari Sumatera Barat," ungkapnya.

Dia meyakini, penjualan kelapa muda akan terus meningkat hingga jelang lebaran yang akan datang.

"Berkah Ramadan sangat luar biasa. Kita berharap, hasil penjualan ini bisa menutupi kebutuhan ekonomi hingga Lebaran," ucapnya.

Sementara itu, Eka (22), salah seorang pembeli mengatakan kelapa muda merupakan menu wajib untuk berbuka puasa, hampir setiap hari ia membeli kelapa muda.

"Air kelapa muda yang manis biasa saya olah untuk menjadi minuman segar sedangkan daging buah kelapa dijadikan bahan untuk es campur, " ujar Eka.

Menurut dia, manfaat lain air kelapa yakni berguna juga untuk kesehatan, terutama melepas kelelahan saat bekerja dan memberikan stamina setelah seharian berpuasa. Buah kelapa muda bisa dicampur dengan gula merah atau sirup, tentunya membawa kenikmatan yang tersendiri.

Setidaknya ada 10 Manfaat kelapa muda yang di kutip radarpekanbaru.com dari forumkompas.

Air kelapa memang mempunyai banyak khasiat. Tidak hanya sebagai obat alami untuk rehidrasi tubuh, tetapi juga membantu manusia miliki kulit bersinar dan sehat.

Air kelapa adalah saripati buah kelapa muda yang merupakan minuman bergizi dan menyegarkan dikonsumsi di seluruh dunia. Apa saja manfaat kesehatan dari air kelapa? Berikut ulasannya

1. Air kelapa banyak dikonsumsi sebagai minuman elektrolit mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

2. Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan.

3. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.

4. Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.

5. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Jadi, teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi.

6. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.

7. Ini adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.

8. Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

9. Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

10. Air kelapa pun dapat membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus. (ant/fc)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved