TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Inisiator Bank Sampah Sebut 75 Bank Sampah Tersebar di Pekanbaru

Jumat,13 Maret 2015
Inisiator Bank Sampah Sebut 75 Bank Sampah Tersebar di Pekanbaru

RADARPEKANBARU.COm - Inisiator Bank Sampah yang juga pendiri Dalang (daur ulang) Collection, Sofya Seffen Kamis (12/3/15) mengatakan bahwa hingga saat ini sudah ada 75 bank sampah yang tersebar di berbagai kecamatan di Pekanbaru.

Menurutnya, bank-bank sampah itu selain mengumpulkan sampah plastik dari masyarakat yang menjadi nasabah, juga untuk bahan kerajinan tangan (celemek, topi, keranjang,sendal, tas, bahkan busana daur ulang) Dalang Collection, juga untuk bahan pembuatan pupuk.

"Bank-bank sampah itu juga secara tidak langsung membantu pemerintah menanggulangi masalah sampah di Pekanbaru. Karena memang produksi sampah di Pekanbaru cukup tinggi," terangnya.

Menurutnya, ke depan, bank-bank sampah itu bukan hanya menjadi tabungan bagi nasabahnya, tetapi juga akan membuat inovasi dengan menukarkan sampah dengan makanan atau menukarkan sampah dengan token listrik dan lain-lain.

Kini, 75 bank sampah tersebut memiliki 500 nasabah dengan 2 ton sampah perhari. Perkilo sampah, nasabah mendapatkan tambahan tabungan sebanyak Rp5000.

"Ada nasabah yang sudah menabung di bank sampah dengan jumlah tabungan sebanyak Rp 2 juta," terangnya.(radarpku/rt)
Komentar Anda
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved