TuahRiau.Com

PU Kota Inventarisir 15 Titik Sentral Banjir Di Pekanbaru

Kamis,12 Desember 2013
PU Kota Inventarisir 15 Titik Sentral Banjir Di Pekanbaru
Banjir Di Perumahan Purna Griya Mas Sidomulyo Barat beberapa hari yang lalu
Pekanbaru, (radarpekanbaru.com)-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pekanbaru terus mengupayakan mengatasi permasalahan banjir dan meminimalisir volume banjir yang terjadi di Kota Pekanbaru. Dari beberapa kawasan akan dijadikan titik sentral banjir.

Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat yang sering terendam banjir tidak lagi mengalami hal sama saat musim hujan mendatang, seperti yang terjadi seperti banjir yang melanda Kota Pekanbaru akhir-akhir ini.

Kepala Dinas PU Kota Pekanbaru Ir Azmi, ST MT kepada radarpekanbaru.com Kamis (12/12) mengungkapkan, Dinas PU akan melakukan inventarisir sebanyak 15 titik sentral banjir. Meskipun belum menyeluruh, namun setidaknya 15 titik tersebut dapat mengurangi angka kawasan banjir yang melanda Kota Pekanbaru.

"Tiap hari saya sering menerima laporan dari masyarakat untuk menormalisasi sungai dan anak sungai. Dan sampai hari ini Dinas PU sudah melakukan inventarisir 15 titik yang harus dikerjakan secara manual maupun menggunakan alat berat," Ujar Azmi. 

Disebut Azmi, inventarisir juga dilakukan dengan cara mengeruk drainase. Selain sungai-sungai yang ada untuk di perbaiki pinggirannya juga dilakukan normalisasi. Dinas PU juga menyiapkan Box Culvert tiga dimensi, guna mengatasi luapan banjir dan volume air dapat di tekan.

Dia mengatakan, banyaknya laporan dari masyarakat untuk dilakukan perbaikan drainase kepada PU, dan nanti akan segera ditanggapi dan dilakukan perbaikan secepat mungkin.

"Dinas PU akan tetap berupaya di tahun 2013 ini untuk meminimalisir volume banjir. Dinas PU juga sudah menyiapkan box culvert tiga ukuran, sehingga apa yang nantinya diminta oleh masyarakat, bisa dilakukan di awal tahun 2014,"terang Azmi.

Ditambahkan Azmi, 15 titik yang di inventarisir Dinas PU diantaranya di kawasan Purwodadi tepatnya di Perumahan Sidomulyo. Selain dari Dinas PU, pasukan kuning juga melakukan pembersihan skala kecil, yang terdiri dari sepuluh regu. Dijelaskannya, untuk penanganan banjir di Pekanbaru bukan sepenuhnya tanggung jawab Pemko Pekanbaru.

"Kalau sekarang sifatnya memang hanya normalisasi. Untuk penanganan banjir juga bukan tugas Pemko, namun Pemko akan terus berkoordinasi dengan pihak Provinsi maupun pusat untuk menyelesaikan permasalahan banjir yang sedang melanda Pekanbaru," pungkas Azmi.

Editor : Ramli
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved