TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Curah Hujan Masih Tinggi, Pintu Buang Air Waduk PLTA Koto Panjang Masih Tetap Di Buka

Sabtu,29 November 2014
Curah Hujan Masih Tinggi, Pintu Buang Air Waduk PLTA Koto Panjang Masih Tetap Di Buka

BANGKINANG, RADARPEKANBARU.COM - Pintu buang air waduk PLTA Koto Panjang sampai saat ini sabtu (29/11/2014) masih tetap dibuka, curah hujan  masih tergolong tinggi, Sumatera Barat hulu dari sungai yang menggenangi waduk ini curah hujan juga masih sangat tinggi.

Akibat di lepasnya Pintu buang air waduk PLTA ini, ratusan rumah di tujuh kecamatan beberapa hari yang lalu  di tepi aliran sungai kampar di terendam banjir termasuk fasilitas umum, akses jalan untuk menuju beberapa Desa juga ikut terendam banjir.

Seperti Kecamtan Bangkinang,Kecamatan Kampar Utara,Kecamatan Rumbio Jaya,Kecamatan Kampar,kecamatan Kampar Timur,Tambang dan Siak Hulu.

Walaupun saat berita ini di terbitkan tujuh Kecamatan air sudah mulai  surut, namun Pintu buang air waduk PLTA Koto Panjang masih tetap  buka.

Manager Waduk PLTA Koto Panjang Zulherianto saat dikonfirmasi  Via pesan singkat (sms) jum'at sore, menyebutkan pintu Air  pelimpah masih tetap dibuka selama tinggi muka air waduk masih normal, besarnya bukaan pintu tergantung besarnya air masuk ke waduk, dan tinggi muka air waduk sekarang kecendrungan tinggi, muka air waduk sudah mulai turun, jadi tinggi bukaan pintu buang air juga sudah dikurangi.

"Tinggi air waduk nominal 80,6m, max 85m. Pintu spillway dibuka jika tinggi air waduk 83m sekarang air waduk 84,16m. Pintu spillway dibuka 40cm x 5 unit. Jika spillway tadi dibuka air waduk overtoping dan jebol akan terjadi tsunami se kampar," jelasnya singkat. (smi)
Komentar Anda
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved