TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Meningkatnya Angka Kriminalitas Di Kota Pekanbaru

Dewan : Diminta Ikut Semua Unsur Terlibat, Aktifkan Sistem Keamanan!

Rabu,12 November 2014
 Dewan : Diminta Ikut Semua Unsur Terlibat, Aktifkan Sistem Keamanan!
Dian Sukheri Anggota DPRD Kota Pekanbaru
RADARPEKANBARU.COM - Meningkatnya angka kriminalitas yang terjadi di Kota Pekanbaru, seperti halnya perampokan, pembunuhan, penyalahgunaan obat terlarang, KDRT, dan lain sebagainya, jelas tidak terlepas dari dampak lain perkembangan dan keberadaan Kota Pekanbaru yang kian pesat saat ini dan juga dampak pertukaran uang yang sangat luar biasa di Kota Pekanbaru. Ini perlu peran serta semua pihak dan mengaktifkan kembali semua sistem keamanan dari tingkat RW hingga kerjasama dengan kepolisian setempat.

Demikian diungkapkan oleh anggota DPRD Kota Pekanbaru, Dian Sukheri mengatakan sesuai kondisi Kota Pekanbaru sebagai kota yang berkembang dengan pesat menjadi kota tujuan investasi, merupakan kota perlintasan, menjadi kota Perdagangan, pertumbuhan masyarakat dan  ekonomi yang kian tinggi, jelas dari segi kemanan sangat perlu perhatian serius dari semua pihak.

"Perlu keterlibatan semua pihak untuk mengatasi kejahatan yang tengah terjadi di Kota Pekanbaru saat ini. Dimulai dari masyarakat, aparat, dan Pemerintah sesua dengan fungsi dan tugasnya masing-masing.

"Kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, khususnya kita minta kembali menggalakan sistem keamanan lingkungan. Seperti menggalakan kembali Kamtibmas, memaksimalkan Sistim Keamanan Lingkungan (Siskamling) dan dengan upaya ini tentu setidaknya dapat meminimalisir aksi-aksi kejahatan tersebut," jelas Dian.

Soal banyaknya wilayah di Kota Pekanbaru, yang dikategorikan rawan dari aksi kriminalitas, Politisi dari PKS ini, menegaskan, pemerintah perlu memaksimalkan fasilitas yang ada, seperti hanya penerangan jalan umum (PJU) yang terpantau ada namun tidak berfungsi.

"Jika ada fasilitas pendukung seperti PJU, dalam mengantisipasi aksi kejahatan tentu perlu di optimalkan, setidaknya dapat mencegah aksi kriminalitas di lingkungan masyarakat," kata Dian.

Dian menghimbau kepada pemilik-tempat usaha dari masyarakat, seperti pertokoan, mengadakan CCTV. Karena persolana kemanan jika hanya dibebankan kepada pemerintah sendiri tentu juga tidak maksimal.

"Semua pihak terlibat dalam mengantisipasi tindakan kejahatan. Dengan demikian aksi kejahatan dapat terdeteksi sedini mungkin. Selain itu aparat juga kita harap lebih meningkatkan siaga kemanan, dengan meningkatkan isentitas patroli pada saat-saat rawan kejahatan. Artinya Konsekwensi rasa keamanan itu harus melibatkan semua pihak," sebut Dian.(ram/re)
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved