TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Lupakan Obat Juga Es Krim, Ini Makanan Sehat yang Bisa Hilangkan Stres

Jumat,15 November 2013
Lupakan Obat Juga Es Krim, Ini Makanan Sehat yang Bisa Hilangkan Stres
Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat stres, kesal, marah atau gelisah, wanita cenderung lari ke makanan manis dan enak, yang sayangnya, sebagian besar adalah junk food. Es krim, cokelat, cookies, pop corn dengan butter atau keripik kentang memang seringkali jadi 'pelarian' yang dipercaya bisa menyingkirkan mood negatif.

Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa makanan tersebut sebenarnya hanya memberi ketenangan dan perasaan senang sementara. Lebih buruknya lagi, kalori, lemak serta gula yang terkandung di dalamnya berpotensi membuat orang kegemukan, kolesterol tinggi bahkan obesitas bila dikonsumsi terus menerus.

"Beberapa nutrisi bisa meningkatkan mood, tapi makanan berlemak bisa membuat fungsi tubuh menurun karena lemak tinggi sulit dicerna tubuh," ujar Marisa Moore, R.D.N., pakar nurtisi dari Atlanta dan juru bicara Acedemy of Nutrition and Dietetics seperti dikutip dari Shape.

Sebelum lari ke junk food yang bisa membahayakan kesehatan, utamakan dulu untuk mencari empat makanan ini untuk menghilangkan stres. Selain khasiatnya yang bisa meningkatkan mood positif juga lebih sehat bagi tubuh.

1. Alpukat
Buah dengan rasa dan tekstur creamy ini merupakan sumber vitamin B6 dan folic acid. Keduanya telah tebukti bisa mengurangi stres dengan membantu tubuh menjaga kestabilan fungsi sistem syaraf. Alpukat juga mengandung potassium yang baik bagi jantung, sekitar 975 mg dalam satu buah. Mineral ini membantu menstabilkan tekanan darah sehingga stres dan gelisah jadi berkurang. Anda bisa mengonsumsi alpukat langsung atau ditambahkan ke campuran salad sayuran. Yang perlu diingat, jangan memakan alpukat dengan susu kental manis atau gula pasir.

2. Salmon
Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai mood booster alami. Selain itu omega-3 juga membantu melindungi kesehatan jantung, menjaga detaknya tetap stabil ketika level kortisol meningkat. Kortisol disebut juga dengan hormon seks karena dilepaskan ketika seseorang berada dalam tekanan. Jika hormon ini terus bertambah bisa mengganggu kestabilan sistem tubuh. Disarankan mengonsumsi satu porsi fillet salmon minimal tiga kali seminggu.

3. Brokoli
Satu cangkir brokoli rebus mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C membantu mengontrol tekanan darah dan level kortisol yang menimbulkan stres. Vitamin ini juga menguatkan daya tahan tubuh yang bisa melemah ketika seseorang didera stres. Anda bisa memakan brokoli rebus dengan celupan minyak zaitun, cocol sambal atau dicampurkan ke dalam omelet untuk sarapan.

4. Almond
Satu sajian almond (kira-kira sebesar genggaman tangan) bisa memenuhi kebutuhan harian akan magnesium. Jenis mineral ini juga membantu mengontrol level kortisol agar tetap rendah. Sejumlah studi menunjukkan bahwa magnesium memiliki efek menenangkan sistem syaraf dan membuat tidur lebih nyenyak. Karena almond mengandung kalori dan lemak cukup tinggi (meskipun sehat), batasi konsumsinya hanya sebanyak satu gelas ukuran kecil per hari.

(sumber : www.detik.com)
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved