TuahRiau.Com
Home ยป Life Style

Kabut Asap Selimuti Riau

Sekda Imbau Agar Tidak Banyak Beraktivitas Di Luar

Jumat,19 September 2014
Sekda Imbau Agar Tidak Banyak Beraktivitas Di Luar
Ilustrasi
RADARPEKANBARU.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Riau, Zaini Ismail memberikan keterangan mengejutkan. Dia mengaku tidak terlalu khawatir efek dari kabut asap akibat Karhutla. Dia menyamakan polusi udara yang ada di Riau saat ini dengan di Jakarta.

"Di Jakarta udaranya sama seperti Pekanbaru saat ini," kata Zaini, kemarin. Namun demikian, dia mengimbau masyarakat tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Untuk diketahui, saat ini udara di Pekanbaru dan beberapa wilayah lainnya sedang tercemar kabut asap akibat kabut asap. Sedangkan polusi di Jakarta disebabkan asap kendaraan bermotor dan lainnya.

Pada awal tahun ini, dokter Azizman Saad dari Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru mengatakan, polusi asap Karhutla sangat berbahaya bagi generasi penerus di Riau, karena berdampak buruk pada pertumbuhan sel otak dan intelegensia bayi.

"Bagi bayi yang terpapar langsung asap, maka pertumbuhan sel-sel otaknya akan berkurang, sehingga mengurangi tingkat intelektual dan kemunduran kecerdasan," katanya.

Bahkan, ia mengatakan, bayi yang masih di dalam kandungan ibunya juga terancam bahaya asap, karena pertumbuhan janin tidak bisa optimal dan justru mengecil.

Kondisi polusi asap di Riau yang berkepanjangan, diakui Azizman juga membuat daerah tersebut tidak layak lagi dihuni. Sebab, indeks pencemaran udara menunjukan level sangat tidak sehat sampai berbahaya, yang dalam kondisi tersebut seharusnya pemerintah mengungsikan seluruh warganya.(lam/hr)
Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved