TuahRiau.Com

Rouhani: Semua Negara Timur Tengah Harus Usir Pasukan AS

Senin,28 September 2020
Rouhani: Semua Negara Timur Tengah Harus Usir Pasukan AS

TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, pasukan Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah merusak stabilitas dan keamanan. Oleh karena itu, semua negara kawasan tempat pasukan Amerika ditempatkan harus melakukan upaya bersama untuk mengusir mereka.

“Kami selalu memperjelas posisi kami, yakni kami menganggap kehadiran angkatan bersenjata AS di kawasan, baik di Irak, Afghanistan atau negara-negara di kawasan Teluk Persia selatan sebagai merugikan keamanan dan stabilitas regional,” kata Rouhani, saat berbicara dengan Menteri Luar Negeri Irak, Fuad Hussein.

"Itu tergantung pada setiap negara di mana orang Amerika hadir untuk mendorong pengusiran mereka dari wilayah tersebut," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (28/9/2020). 

Dia lalu memuji langkah positif parlemen Irak dalam menuntut penarikan lengkap pasukan AS dari negara itu pada Januari.Parlemen Irak sangat mendukung RUU yang menyerukan pengusiran pasukan AS dari negara itu setelah pembunuhan jenderal Iran, Qassem Soleimani dan seorang pemimpin senior milisi sekutu Baghdad di Ibu Kota Irak dalam serangan pesawat tak berawak AS pada Januari.

Menekankan dukungan Iran untuk kedaulatan dan persatuan Irak, Rouhani mengatakan bahwa Teheran telah memberikan dukungan substantif kepada Baghdad dalam perang melawan ISIS, yang disebutnya sebagai contoh terbaik kerjasama antara kedua negara. “Kami selalu mendukung rakyat Irak dan pemerintah sah negara itu,” katanya.(sndo)

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved