TuahRiau.Com
Home ยป Politik

Desa Pangkalan Baru Kampar Gelar Pilkadus, 1 Dusun Masih Tunda

Senin,21 September 2020
Desa Pangkalan Baru Kampar Gelar Pilkadus, 1 Dusun Masih Tunda
Suasana pemilihan kepala dusun Desa Pangkalan Baru, Kampar. Senin (21/9/2020).

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kampar mengadakan penyaringan (saring-red) dan penjaringan (jaring-red) perangkat desa dengan melewati tes tertulis, wawancara dan tes membaca Kitab Suci Al-Quran.

Tes ini dikuti oleh enam (6) orang peserta yang berasal dari Wilayah Dusun Dua (II) dan Dusun Empat (IV) Desa Pangkalan Baru, di Balai Desa Pangkalan Baru, Senin siang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, seharusnya pemilihan Kadus di desa Pangkalan Baru dapat diikuti sebanyak 3 (tiga dusun). Namun disebabkan dusun III belum tercukupi kuota calon, maka dusun III ditunda.

Berbeda dengan yang terjadi di dusun IV Pematang Kayu Arang, calon kadus IV Mulyadi berhasil lolos mendaftar kan diri berbekal data umur kependudukan yang telah diubah secara sah melalui Disdukcapil Kampar sesuai prosedur Syarat & Ketentuan yang berlaku.

Alhasil dusun IV juga dapat mengikuti Pilkadus bersamaan dengan dusun II.

Sebagaimana diketahui, penerimaan perangkat Desa ini tidak dilaksanakan secara pemilihan, tetapi penerimaan perangkat desa ini dilakukan dengan cara penyaringan dan penjaringan sesuai Perda Kabupaten Kampar No. 12 tahun 2017.

“ Penerimaan calon kepala dusun lewat penjaringan, tidak memakai demokrasi atau penunjukkan langsung dari kepala desa, karna ini kita lakukan sesuai peraturan yang ada, dan itu semua kita serahkan kepada panitia yang sudah di SK kan pemerintah desa, dan saya berharap semoga penjaringan kepala dusun (Kadus) ini berjalan dengan lancar dan transparan dan tidak ada intervensi dari siapa pun ", ujar Yusri Erwin kepada wartawan Genta.

Seleksi Penjaringan Perangkat Desa tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Siak Hulu, Bhabinkamtibmas Igusti Ketut Wardika dan Sekretaris Desa Pangkalan Baru Ahmad Adryan.

Sementara itu, Lerka Saputra selaku Ketua Panitia penerimaan perangkat desa saat dijumpai wartawan menyebutkan bahwa penerimaan calon kepala dusun atau perangkat desa di desa Pangkalan Baru sudah dilakukannya dengan cara yang transparan. 

" Penerimaan ini kita lakukan secara transparan mulai dari seleksi bahan sampai tes yang kita lakukan hari ini “, beber Lerka kepada wartawan. Senin (21/9/2020).
 
" Tes wawancara ini kami mengundang dari pihak Universitas Riau (UR) dan Sekretaris Kecamatan, Rahmad Rosadi dan Mulyadi dapat nilai tertinggi ", kata Lerka.

Lebih lanjut Satpol PP ini juga berharap kepada perangkat desa yang terpilih agar bisa membangun dan membina kewilayahannya sebagai perpanjangan tangan kepala desa di masing-masing dusun, tutupnya.***

Komentar Anda
Populer
Terkini
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved