TuahRiau.Com
Home ยป Riau

Kemenkes Minta Diskes Kota Pekanbaru Temukan 7.498 Kasus Tuberkulosis

Jumat,15 Mei 2020
Kemenkes Minta Diskes Kota Pekanbaru Temukan 7.498 Kasus Tuberkulosis

RADARPEKANBARU.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mendapatkan target agar menemukan 7.498 kasus Tuberkulosis (TB) tahun ini. Target yang diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) itu meningkat dari target tahun lalu.

Pelaksana tugas Kepala Diskes Kota Pekanbaru M Amin melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Pekanbaru Maisel Fidayesi mengatakan, tahun 2019 lalu target yang harus ditemukan Diskes sebanyak 5.720 kasus TB. 

Dari target itu Diskes menemukan sebanyak 3.235 kasus TB berdasarkan data dari 21 Puskesmas dan Rumah sakit di Kota Pekanbaru, baik swasta maupun pemerintah. 

"Jumlah penemuan berada di angka 57 persen dari total target 5.720 kasus yang diberikan Kemenkes untuk tahun 2019," kata Maisel, Jumat (15/5/2020).

Ia mengakui, sejauh ini ada kendala dalam menemukan kasus TB. Seperti kurang terbukanya informasi pasien. "Selama ini kami terkendala dengan kurang terbukanya informasi, sehingga terkendala pada penemuan dan pengobatan TB. Kami berusaha untuk mengejar target penemuan kasus TB tahun ini," kata dia. 

Lanjutnya, untuk mengejar target tersebut Diskes telah bekerjasama dengan 64 klinik dan 22 Rumah Sakit untuk pelaporan dan pengobatan kasus tuberkulosis. 

"Melalui 21 Puskesmas, 64 klinik, dan 22 Rumah Sakit swasta maupun milik pemerintah kami sudah melakukan MoU, untuk pelaporan dan pengobatan kasus tuberkulosis," kata Maisel. 

Ia menyebut, untuk penemuan dan pengobatan masyarakat yang terpapar tuberkulosis, Diskes saat ini sudah melakukan layanan TB dot, atau upaya dalam penanggulangan penobatan TB.

"Kami adakan MoU, karena kan obat TB ini dari pemerintah gratis," kata dia.(ckc)

Komentar Anda
© 2015 RadarPekanbaru.Com All Right Reserved